Switch Dengan Casing Metal Atau Plastik?

Banyak dari kami yang ditanyai pertanyaan di dunia switch, manakah yang lebih baik, casing “plastik atau logam?” Apakah ada perbedaan? Apakah jenis yang satu lebih baik daripada yang lain? Saya mungkin tidak memiliki jawaban teknis tentang hal ini, tetapi saya memiliki informasi tentang alasan untuk memilih yang satu dibandingkan yang lain.

Perbedaan utama antara switch plastik vs logam adalah bahwa selubung luar switch logam terbuat dari logam dan selubung luar switch plastik terbuat dari plastik. Ya, saya tahu informasi yang mencengangkan bukan? Untuk itulah saya di sini.

Fakta sebenarnya dari masalah ini adalah, switch dalam kategori yang sama seperti switch fast ethernet (10/100) atau gigabit (10/100/1000), bagian dalam switch sama persis. Mereka dibuat dengan komponen internal yang sama, chipset yang sama, semuanya sama, mereka sebenarnya adalah perangkat yang sama yang melakukan fungsi yang sama juga. Mereka menghubungkan perangkat ke jaringan.

Jadi apa masalahnya? Apa perdebatan besar yang satu dibandingkan denga yang lain?

Sederhana saja; ini masalah pilihan pribadi.

Seringkali, switch plastik lebih enak dipandang mata. Mereka dapat berbentuk berbeda dari sekedar “hanya kotak logam” dibanding switch logam. Atau, mereka bisa diberi warna yang berbeda atau bahkan beberapa warna, memberi mereka predikat “keren” atau hanya sesuatu yang terlihat berbeda. Switch logam dapat terlihat lebih “profesional” atau “seperti bisnis” untuk pengaturan kantor kecil.

Beberapa switch logam yang lebih kecil bahkan mungkin datang dengan bracket sehingga dapat dipasang di rak yang sudah ada dan harganya lebih rendah dari switch port 16, 18, atau 24 yang hanya akan tampak berlebihan atau  tidak akan pernah digunakan. Mengapa membeli sesuatu yang tidak akan pernah digunakan? Itu bukan cara penggunaan uang yang cerdas.

Perbedaan penting lainnya adalah sesuatu yang tidak akan pernah saya pikirkan seandainya tidak ada rekan kerja saya yang menunjukkan bahwa menginjak switch plastik dengan kaki telanjang lebih sedikit masalah dibandingkan switch logam.

Jadi jika Anda pernah khawatir apakah akan memilih “plastik atau logam”, jangan khawatir. Carilah apa yang terlihat lebih baik bagi Anda dan tahu bahwa fungsinya akan baik-baik saja.

Disadur dari Dlink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *